Biografi Mis R

Biografi mis.R
            Nama saya R, lahir di Purbalingga pada tanggal 14  Agustus 1996. Saat ini berstatus sebagai pelajar kelas XII jurusan IPA di salah satu SMA Negri jawa tengah, Kabupaten Purbalingga. Kegemaran saya adalah bersepeda, membaca buku, dan menari. Setiap sore hari, saya selalu bersepeda mengelilingi desa. Buku-buku yang sering saya baca di antaranya buku fiksi yang memotivasi, buku non fiksi untuk menambah pengetahuan, majalah untuk menambah wawasan dan juga cerpen untuk berkaitan sehari-hari.Di saat waktu senggang, saya saya biasanya meluangkan waktu untuk menari  dan menyanyi, karena sejak kecil saya sudah di latih menari dan sering tampil saat perpisahan di sekolahan. Saya memiliki kepribadian yang tenang , tidak mudah putus asa, selalu mencoba untuk menjadi yang terbaik, dan dapat memberikan sesuatu yang lebih baik. Kebiasaan saya setiap hari senin dan kamis menjalani puasa rutin agar Allah SWT memberi kemudahan dalam menggapai cita-cita. Motivasi terbesar dalam hidup saya saat ini ingin melanjutkan sekolah atau kuliah ke perguruan tinggi dengan beasiswa karena kedua orang tua saya tidak mampu untuk membiayai.
            Bapak saya bernama Pardi, beliau terlahir dari keluarga yang sederhana. Bapak dulu tinggaldi salah satu panti asuhan yang berada di jawa timur. Dari kecil baliau sudah terbiasa mencari uang sendiri karena jauh dari orang tua bahkan membiayai membiayai sekolahnya sendiri dengan memanfaatkan kecerdasan dan bantuan dari pemerintah sehingga dapat lulus dari SMA. Beliau dulu bekerja sebagai seorang wiraswasta, namun baru beberapa minggu bekerja, perusahaan mengalami kerugian yang mengharuskan perusahaan tersebut mengurangi pegawai. Akhirnya bapak saya terkena PHK dan sejak saat itu tidak bekerja hingga kurang lebih 2 tahun, hingga akhirnya memutuskan untuk menjadi buruh. Bapak tidak pernah membeda-bedakan kedua anaknya, siapa yang bersalah harus bertanggung jawab dan sejak kecil saya sudah di didik oleh bapak saya untuk menjadi anak yang berani dan bertanggung jawab. Ibu saya bernama Sinem, beliau terlahir dari keluarga yang sangat sederhana. Ibu merupakan anak terakhir atau ke 6 dari 6 bersaudara.  Ibu hanya bisa menempuh pendidikan sampai SD, karena tidak mempunyai uang atau biaya untuk melanjutkan. Akhirnya ibu memutuskan untuk bekerja, dan menikah dengan bapak, dan sampai sekarang saya dan keluarga masih menumpang di rumah nenek.
            Saya merupakan anak pertama dari dua bersaudara.  Kondisi ekonomi keluarga saya termasuk kategori keluarga yang tidak atau kurang mampu. Bapak saya yang bekerja sebagai buruh tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, apalagi keluarga saya masih menumpang di keluarga nenek. Penghasilan bapak tidak menentu. Ibu saya tidak bekerja tetapi menjadi ibu rumah tangga, setiap hari ibu yang mengurus segala kebutuhan nenek karena nenek menderita penyakit stroke sejak saya masih berada di kelas 4 sekolah dasar atau madrasah. Ketika libur sekolah atau hari minggu, biasanya saya membantu ibu seperti menyapu, mencuci piring, memasak, mencuci baju, dan lain-lain agar bisa meringankan tugas ibu.
            Saya mulai mengawali pendidikan BA Aisyah yang berada di dekat rumah saya di desa X. Kemudian saya melanjutkan sekolah di madrasah ibtidaiyah Muhamadiyah atau MIM X selama 6 tahun dengan prestasi yang cukup bagus dan membuat saya cukup percaya diri. Setelah saya lulus dari MIM saya melanjutkan sekolah di SMP N terfaforit di daerahku yang terletak di Jalan raya S , Purbalingga. Jarak rumah saya ke SMP kurang lebih 5 KM. Jika saya naik bis, saya harus berjalan kaki sekitar 2 KM menuju jalan raya. Namun, saya lebih memilih berangkat naiksepeda karena dapat uang, dan uang saku yang tersisa saya tabung untuk menambah membayar uang sekolah supaya tidak terlalu menyusahkan kedua orang tua. Kebiasaan tersebut sudah saya lakukan sejak saya kecil. Selama di SMP, prestasi saya lumayan walaupun tidak begitu menonjol. Kemudian saya melanjutkan pendidikan saya di SMA N  yang bertempat di Jalan Raya G. SMA N menjadi tempat yang istimewa untuk membangun kepribadian saya. Situasi sekolah yang kondusif untuk belajar berbagai macam hal dan bapak ibu guru yang selalu membimbing dan memotivasi saya untuk terus melanjutkan belajar di ke jenjang perguruan tinggi. Selain itu sekolah SMA N 1 merupakan sekolah yang masih asri karena jauh dari hiruk pikuk kota Y. Bersyukur Alhamdulilah selama saya bersekolah dari SD sampai SMA selalu mendapatkan peringkat yang lumayan dan masuk rangking tinggi di kelas.
            Selain belajar di sekolah, saya juga aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler, di antaranya Tata Boga dan kegiatan kepramukaan. Pada kegiatan Tata Boga, saya bisa berlatih memasak, menambah pengetahuan tentang berbagai macam makanan, belajar menghiasi makanan dan bereksperimen.  Sedangkan pada kegiatan kepramukaan saya hanya menjabat sebagai anggota WIRA, dan guru pembimbing kami adalah bapak H yang juga menjabat sebagai guru BK di SMA N . Di kegiatan kepramukaan saya belajar banyak hal seperti membuat pupuk kompos secara tradisional menggunakan campuran dari kotoran kambing, tanah, dan juga sekam yang di bakar secara tradisional. Selain itu, saya juga belajar cara-cara menanam terong, bayam, kangkung, tomat, cabai, dll. Kami dapat memanen tanaman tersebut setiap bulannya. Kecuali kangkung, terong dan bayam. Biasanya kami menjual hasil panen kami ke pasar dan kepada bapak ibu guru yang mau membeli. Melalui kegiatan pramuka ini, saya  dapat menjadi orang yang bertanggung jawab dan menjadi pribadi yang kuat dan percaya diri.

            Berbagai kegiatan yang saya lakukan menjadi dasar dan pengalaman sehingga saya mempunyai motivasi yang cukup besar untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Walaupun saya bersal dari keluarga yang kurang mampu, saya mempunyai keinginan untuk untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, karena keluarga saya belum ada satupun yang mengenyam pendidikan sampai ke pergurruan tinggi. Beastudy etos adalah harapan saya untuk bisa mewujudkan impian saya  Saya berkeinginan untuk membahagiakan kedua orang tua saya. Misi saya setelah lulus dari perguruan tinggi dapat mengaplikasikan ilmu dan pengalaman saya di masyarakat khususnya di X dan menjadi agent of change untuk Negri Indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saya Tahu

LAPORAN PRAKTIKUM TEKNIK KONSERVASI TANAH dan AIR PEMBUATAN LUBANG BIOPORI

LAPORAN PRAKTIKUM TEKNIK KONSERVASI TANAH dan AIR PENGHITUNGAN JARAK DAN BEDA TINGGI DENGAN THEODOLIT